Jumat, 10 Agustus 2012

iOS untuk Pemula: Cara Menggunakan Reminder


iOS untuk Pemula: Cara Menggunakan Reminders

Task list app atau aplikasi pengatur jadwal, Reminders, merupakan salah satu kekuatan yang diberikan Apple pada iOS. Reminders mampu bekerja sesuai konsep yang dibuat Apple dan disajikan dalam tampilan user interface yang tak hanya menarik tetapi juga mudah dalam pengoperasiannya.

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk bisa memanfaatkan Reminder adalah membuat sebuah reminder baru. Lakukan seperti langkah-langkah berikut:

1. Buka Reminders dari iPhone

2. Tap pada tombol Plus (+) yang ada di bagian pojok-kanan atas di area berwarna putih.
3. Anda akan melihat iOS keyboard muncul di screen
4. Ketik reminder yang ingin Anda buat
5. Anda juga bisa tap pada garis kosong di bagian bawah dari entry terakhir dalam daftar.
6. Saat tap pada Reminder yang baru Anda buat, Keyboard otomatis akan menghilang dari screen. Details akan muncul sehingga Anda bisa menambahkan tanggal atau lokasi dengan cara tap pada Remind Me. Anda juga bisa menambahkan Priority dan catatan lain yang Anda perlukan dalam Reminder yang tengah Anda buat.
Note: Location belum tersedia di Reminder for iPad.
7. Jika selesai, tap Done.

Untuk menggunakan Reminders secara efektif, tidak cukup hanya dengan membuat Reminder untuk jadwal Anda. Akan lebih baik jika Anda bisa mengelompokkan beberapa hal sehingga jadwal yang Anda buat bisa memberikan layanan yang teratur dan profesional.

Untuk itu Anda perlu memanfaatkan fitur Lists yang ada di dalam Reminder. Fitur Lists akan mengelompokkan semua jadwal yang Anda buat dan menyatukannya dalam kategori berbeda. 

Sebagai contoh:
1. Untuk membuat Reminder yang ada hubungannya dengan pekerjaan, tap pada button yang memiliki tiga garis horisontal. 
2. Kemudian tap pada Edit button yang ada di sudut kanan-atas.
3. Tap pada Create New List, ketikkan ‘Work’ (atau kata lain)
4. Work (atau kata lain) adalah list kategori baru yang Anda buat untuk semua jadwal yang berhubungan dengan pekerjaan.
5. Tap Done untuk kembali ke screen utama Reminders.

Anda juga bisa mengubah tampilan Reminders berdasar list atau tanggal. Cukup tap pada List button untuk menampilkan semua Reminder urut berdasar list atau tap pada Date untuk mengurutkan Reminder berdasar tanggal. Untuk berganti list, swipe List View ke kanan atau ke kiri.

Saat Anda menampilkan Reminder pada Date view, cobalah swipe ke kanan/kiri untuk maju/mundur 1 hari dari tanggal Reminder. Coba pula tap & drag di sepanjang tanggal di bagian bawah, maka Anda akan dibawa ke tanggal tertentu tempat Anda bergenti drag.

Pengguna iPhone 4S dengan Siri aktif pastinya akan lebih mudah memaksimalkan fungsi Reminders dengan cara meminta Siri melakukan banyak hal; menampilkan Reminder hari ini, besok atau hal lain. Selamat mencoba,s semoga tips ini bermanfaat ;)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar