Jumat, 10 Agustus 2012

Kucing Persia Eksotis

Akhir 1950 kucing American Shorthair dikawinkan dengan Persia berwarna silver. Hasil perkawinan tersebut berupa kucing American Shorthair dengan karakteristik Persia. Penampilan ras hibrida tersebut (Exotic Shorthair) sangat indah, tetapi tidak menunjukkan karakteristik American Shorthair yang sebenarnya.
Dalam kehidupan yang penuh kesibukkan, kucing merupakan peliharaan yang cukup popular. Kucing sangat baik tinggal di ruangan apartemen ataupun rumah.
Kucing Persia setiap harinya harus dirawat agar bulu-bulunya selalu terjaga. Tetapi untuk penggemar kucing Persia yang sibuk dan tidak memiliki cukup waktu untuk merawatnya, maka kucing Persia eksotis adalah pilihan yang tepat. Kucing Persia eksotis merupakan kucing Persia yang memenuhi seluruh ciri Persia kecuali rambutnya yang pendek, tebal, dan mewah. Bulu-bulu eksotis sangat unik karena begitu halus, dan membuatnya terlihat bulat seperti boneka beruang. Rambutnya yang indah tidak perlu disisir sesering Persia dan rambut tersebut tidak akan kusut atau patah. Karena itu, kucing Persia eksotis merupakan peliharaan yang sangat dianjurkan bagi penggemar keindahan kucing Persia, tetapi tidak mau menghabiskan waktu yang lama dalam mengurus bulu.

Bagaimana kehidupan kucing Persia eksotis? Apakah sama dengan kucing Persia berbulu panjang? Selama bertahun-tahun dimana ketebalan bulu mengalami perubahan, demikian juga kepribadian dari kucing Persia eksotis. Sebagai keturunan eksotis dari nenek moyang Persia, temperamen mereka semakin menyamai Persia. Tidak ada perbedaan yang mencolok antara kedua keturunan ini. Persia eksotis tergolong kucing pendiam, mudah disayangi. Suaranya hanya sesekali terdengar.  
Persia eksotis adalah keturunan yang cocok untuk mendapatkan kucing yang pendiam, manis, tenang dan setia. Kucing ini biasanya mudah diajak kedalam berbagai situasi dan tidak mudah terganggu. Secara umum, Persia eksotis sangat manja dan mudah untuk disayangi. Mereka akan menuntut perhatian dengan duduk di depan Anda dengan tatapan tertuju pada mata Anda. Dia akan melompat ke pangkuan Anda sambil tidur melekuk atau menempelkan hidungnya ke wajah Anda. Beberapa menyukai duduk di bahu Anda dan memeluk Anda. Mereka bisa saja tidur dengan Anda ataupun tidak tergantung dari kenyamanan terhadap suhu karena beberapa menyukai tidur di tempat yang hangat sedangkan lainnya di lantai yang dingin. Kucing Persia eksotis akan merasa nyaman berada di rumah, mereka akan memberikan waktu pribadi Anda dan tidak selalu meminta perhatian Anda. Tetapi mereka akan diam-diam mengikuti Anda ke ruangan hanya sekedar untuk tetap dekat dengan Anda.
Seperti kucing lainnya, Persia eksotis sangat suka bermain dan menyenangkan untuk disayangi. Mereka akan melompat-lompat untuk mencoba menjangkau mainan atau tongkat, atau mereka akan duduk sambil berpikir bagaimana menjatuhkan mainan tersebut dari tempat Anda menyimpan mainan tersebut setelah digunakan bersamanya.
Anak kucing selalu identik dengan wanita, karena wanita biasanya manis dan penuh cinta. Sedangkan kebanyakan lelaki lebih agresif dan cenderung sering terluka. Tetapi menurut pendapat orang-orang yang entah benar atau tidak, Pejantan kucing Persia eksotis lebih memukau dibandingkan betina. Betina lebih suka menyendiri. Betina lebih sering terlihat sibuk sendiri ketimbang bermain dengan pemiliknya.
Dalam aktifitasnya, kemampuan anak kucing Persia eksotis sama dengan Persia pada umumnya. Bahkan beberapa mengatakan bahwa kucing Persia eksotis melakukan semua hal sejak dia membuka mata pertama kalinya, memanjat kotak kardus, makan, dll. Kucing Persia eksotis menyukai hal-hal sederhana seperti memperhatikan tetesan air keran atau memainkan bola kertas disekitar rumah.  
Kucing Persia eksotis mudah bergaul bahkan di segala macam usia. Kucing ini merupakan pelengkap bagi setiap keluarga, sangat mengagumkan untuk dilihat, bersih dan tenang.


1 komentar :